(^_^) Tak Ada Kata Terlambat untuk Belajar, Ada Usaha yang Giat, Ada Pula Hasil yang Memuaskan (^_^)

Selasa, 04 Desember 2012

Diabetes Melitus

Apa yang dimaksud dengan Diabetes melitus? Biasa orang menyebutnya penyakit kencing manis atau penyakit gula darah. Diabetes melitus ditandai dengan peningkatan kadar gula dalam darah sebagai akibat adanya gangguan sistem metabolisme dalam tubuh dimana organ pangkreas tidak mampu memproduksi hormon insulin sesuai kebutuhan tubuh.
Penyakit diabetes melitus ini ada beberapa macam, di antaranya :
  1. Diabetes tipe 1, yang meliputi simtoma ketoasidosis hingga rusaknya sel beta di dalam pangkreas yang disebabkan atau menyebabkan autoimunitas, dan bersifat idiopatik. Diabetes melitus dengan patogenesis jelas, seperti fibrosis sistik atau defisiensi mitokondri.
  2. Diabetes tipe 2, yang diakibatkan oleh defisiensi sekresi insulin, seringkali disertai dengan sindrom resistansi insuling. Dabetes gestasional, yang meliputi gestational impaired glucose tolerance (GIGT) dan gestational diabetes melitus (GDM).


Pengobatan diabetes melitus secara ilmu kedokteran yang canggih, sudah banyak jenis obat untuk mengobati penyakit diabetes melitus. Tapi ada juga obat tradisional bersifat herbal yang dapat dipercaya menyembuhkan penyakit diabetes melitus. sebenarnya cara yang paling mudah adalah mencegah datangnya penyakit gula ini, yaitu dengan mengurangi makan yang manis-manis. jangan gunakan gula tebu berlebihan. saat ini ada produk gula yang bagus untuk menghindari penyakit diabetes melitus, seperti tropicana slim.
Obat-obatan yang dapat mengurangi kadar gula dan dapat pula menyembuhkan diabetes melitus ini diantaranya adalah :
  1. Tanaman Pare, merupakan salah satu alternatif obat tradisional diabetes melitus yang bisa digunakan untuk menyembuhkan, karena tanaman ini mengandung saponin, flavonoid, dan polifenol (antioxidant kuat), serta glikosida cucurbitacin, momordicin, dan charantin yang dapat menurunkan gula darah.
  2. Teh untuk atasi diabetes yang berpontensi besar mengatasi penyakit diabetes tipe 2 adalah teh yang terbuat dari daun mulberry dan teh hitam. salah satu manfaat teh yang paling populer adalah menurunkan kadar kolesterol serta menyehatkan jantung. ini dikuatkan dalam hasil berbagai penelitian yang dilakukan oleh para ahli kesehatan.
  3. Jus Wortel juga dipercaya bisa menyembuhkan diabetes melitus. sebagai contoh, para ahli telah mengetahui manfaat wortel, yang mengandung beta-karoten dan vitamin A dalam jumlah besar. Wortel juga memiliki manfaat lain selain dari beta-karoten dan vitamin A. Terdapat substansi lain yang dinamakan karotenoid, yang tidak dapat ditemukan di dalam pil vitamin, dan hanya terdapat dalam wortel segar.

Tidak ada komentar: